Sabtu, 04 Mei 2013

Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat

MATERI IPS KELAS IV SD SEMESTER 1


STANDAR KOMPETENSI    :    Memahami Sejarah, Kenampakan Alam, dan Keragaman Suku Bangsa di Lingkungan Kabupaten / Kota dan Provinsi
KOMPETENSI DASAR : Menghargai Berbagai Peninggalan Sejarah Lingkungan Setempat (Kabupaten/Kota, Provinsi) dan Menjaga Kelestariannya.
 
 
KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SETEMPAT
Wilayah Indonesia terbentang dari Sabagn sampai Merauke. Terdiri atas bermacam-macam suku bangsa yang memiliki adat istiadat dan udaya berlainan. Karena itulah terdapat keragaman budaya. Adanya keragaman budaya dan adat istiadat ini memperkaya kekayaan nasional yang dimiliki bangsa Indonesia.
   
Gambar Berbagai Keragaman Budaya Yang Ada Di Indonesia
A.    Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Maasyarakat Setempat
1.      Pengertian Bhinneka Tunggal Ika
Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Semboyan ini diambil dari kitab Sutasomo karya Mpu Tantular, yang memiliki arti berbagai macam suku bangsa, adat, dan budaya tetapi tetap satu.
 
Gambar. Didalam lambang negara kita
 terdapat semboyan bangsa Indonesia
2.      Arti Penting Persatuan dan Keragaman
Pentingnya persatuan mengingatkan bahwa sejarah bangsa Indonesia yang selama abad 3,5 abad dan 3,5 tahun dijajah bangsa lain.  Selama 3,5 abad bangsa Indonesia dijajah Belanda, Politik yang digunakan Belanda adalah memecah belah atau Devide Et Impera.
Hasil bumi dan kekayaan alam Indonesia dikuras oleh para penjajah. Bangsa Indonesia lebih sangat menderita. Sebab perang besar terjadi dimana-mana, Pada akhir penjajahan Jepang kita dapat bersatu, Bangsa Indonesia dapat rukn satu diantaranya yaitu saling menerima adanya keragaman suku-suku bangsa dan budaya Indonesia. Setiap suku bangsa memiiki adat istiadat,budaya, dan kebiasaan yang berbeda.
Tetapi antara satu dengan yang lain harus bisa saling menghormati. Janganlah kita saling mengganggu dan saling menghina, tidak boleh menonjolkan suku bangsa,adat istiadat, dan budaya daerah kit, Dengan jalan saling menghirmati. Kita akan mampu mengahadapi berbagai tantangan dari luar.
3.      Bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki bentuk dan keragaman adat istiadat dan budaya. Adapun suku bangsa dan budaya yang dimiiki bangsa Indonesia adalah sebagai berikut :
a.      Suku Bangsa Jawa
Suku bangsa Jawa menempati wilayah Jawa Tengah,D.I Togyakarta,Jawa Timur, dan berbagai daerah di wilayah Indonesia. Bahasa sehari – hari adalah bahasa Jawa. Bahasa Jawa menggunakan tingkat bahasa atau ungguh-ungguh. Sebagian besar masyarakat Jawa hidup bertani. Keterampilan tradisional yang mereka miliki adalah membatik, menganyam, bedagang, nelayan. Dan petambak.
 
 
Gambar. Contoh tarian Suku Jawa
 
Masyarakat Jawa sebagian besar adalah pemeluk agama Islam, Mereka juga percaya adanya arwah para leluhur dan makhluk halus yang dianggap bisa mengganggu atau membantu manusia. Dengan demikian sering diadakan acara upacara adat seperti sesaji, kenduri, acara perkawinan, bersih desa, dan acara membersihkan pusaka. Hal ini dmaksud agar mereka dapat selamat dan mudah rejekinya.
b.      Suku Bangsa Sunda
Suku bangsa Sunda menempati Jawa Barat dan sekitarnya. Mereka berdampingan dengan suku-suku lain seperti suku bangsa Betawi dan Bandul. Secara turun temurun suku bangsa Sunda menggunakan bahasa Sunda. Bahasa Sunda hampir sama dengan bahasa Jawa.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Dwi Elmi Setyorini Blogger Template by Ipietoon Blogger Template