Kamis, 02 Mei 2013

Faktor Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik

Materi IPA
Kelas IV Semester II
Standar Kompetensi : Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
Faktor Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik
1.        Faktor Hujan
Hujan sangat dibutuhkan oleh manusia. Tapi jika hujan turun dengan lebat dan terus menerus dapat menyebabkan banjir. Banjir dapat merusak lapisan tanah. Tanah yang gundul tidak akan mampu menahan aliran air, sehingga terjadilah erosi atau pengikisan tanah. Tanah yang terkikis terbawa oleh aliran air dan diendapkan pada suatu tempat, peristiwa itu dinamakan sedimentasi.
Daerah pinggiran sungai yang tidak ditumbuhi tanaman lebih mudah terkikis oleh arus sungai. Pengikisan oleh air sungai tetap terjadi meskipun pinggiran sungai ditanami tumbuhan. Hanya pengikisan yang terjadi lebih sedikit!
2.        Faktor Angin
Angin mempunyai manfaat yang banyak untuk manusia. Misalnya mengeringkan pakaian yang basah, atau membantu penyerbukan pada bunga.
Tapi jika angin itu berhembus sangat kencang dan disertai dengan cuaca yang buruk maka yang terjadi adalah angin kencang dapat merugikan manusia, misalnya angin topan. Angin topan dapat menghancurkan benda-benda yang dilaluinya. Daratan yang terkena angin topan banyak mengalami kerusakan seperti pohon-pohon yang tercabut atau tumbang dan banyak bangunan yang runtuh.
Angin yang kencang dapat mengikis daratan yang dilaluinya. Tanah dan bebatuan dapat terkikis oleh angin. Batuan yang terkikis oloeh angin dapat berubah menjadi batuan yang berlubang-lubang, sehingga batuan berbentuk seperti jamur.
3.        Faktor Cahaya Matahari
Matahari yang diciptakan tuhan mempunyai peran yang sangat pentingbagi kehidupan. Semua makhluk hidup memerlukan sinar matahari. Namun, cahaya matahari juga dapat membawa dampak yang tidak diharaphan oleh manusia. Ketika musim kemarau yang panjang, cahaya matahari dapat menyebabkan keretakan pada tanah dan bebatuan.
Cahaya matahari pun dapat membakar pepohonan atau rerumputan yang kering. Sehingga terjadilah kebakaran hutan. Daratan yang tadinya hijau ditumbuhi pepohonan yang rindang, kemudian berubah menjadi daratan yang gundul dam tandus.
             Gambar 1.1 Kebakaran hutan membawa kerusakan yang menyebabkan banyak kerugian
4.        Faktor Gelombang Air Laut
Gelombang laut kadang-kadang berupa gelombang yang sangat besar. Gelombang besar dapat mengubah kenampakan daratan. Pengikisan pantai oleh ombak dan gelombang laut disebut abrasi.
Gambar 1.2 Akibat gelombang air laut

2 komentar:

 
Dwi Elmi Setyorini Blogger Template by Ipietoon Blogger Template